Dalam menjalani aktivitas di kehidupan sehari-hari tentunya sedikit banyak bersinggungan dengan media massa. Tentunya juga mendapatkan berbagai macam jenis informasi baik dari majalah, televisi maupun internet.
Terlebih di era yang serba digital ini membuat aksesnya lebih mudah, sehingga membuat orang mudah untuk mendapatkan informasi baru. Proses penyampaian pesan untuk khalayak luas adalah komunikasi massa, sementara alat atau medium yang digunakan disebut media massa.
Nah, kali ini akan mengulas sedikit mengenai pengertian media massa, fungsi dan pengaruhnya terhadap pandangan masyarakat.
Pengertian Media Massa
Dalam konteks komunikasi media adalah alat, sarana atau medium yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan. Sedangkan untuk media massa adalah pesan yang disampaikan untuk masyarakat luas yang berjumlah besar dan tersebar dimana-mana.
Ada ahli (Cangara : 2018) yang mendefinisikan media massa adalah alat atau sarana yang digunakan dalam menyampaikan pesan oleh sumber kepada penerima dengan menggunakan alat-alat komunikasi.
Fungsi Media Massa
Mengingat bahwa media massa ini memberikan efek yang sangat besar untuk khalayak secara luas melalui pesan-pesan yang disampaikan. Oleh karena itu lah media massa ini mempunyai fungsi antara lain:
1. Fungsi Menyiarkan Informasi
Fungsi yang paling utama media massa ini untuk menyiarkan informasi. Semua informasi yang disampaikan harus memenuhi kriteria dasar yakni akurat, aktual, faktual, penting, menarik, lengkap, benar, jujur, jelas, relevan, etis dan bermanfaat
2. Fungsi Kontrol Sosial
Media massa ini pilar demokrasi ke 4 setelah legislatif, eksekutif dan yudikatif. Dalam hal ini akan menjadi pengawas dan memberikan koreksi, kritik dan teguran apabila melihat penyimpangan dan ketidakadilan.
3. Fungsi Mendidik
Media massa pada majalah atau surat kabar ini terdapat tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga membuat khalayak pembaca menjadi meningkat. Fungsi secara implisit berbentuk tajuk rencana, artikel, cerita sambung atau bentuk lain (aspek pendidikan).
4. Fungsi Menghibur
Media massa baik itu majalah, surat kabar atau bentuk audio visual pun dapat memberikan hiburan misalnya cerita gambar, cerita pendek, siaran olahraga, teka-teki silang, siaran fashion show maupun konten-konten human interest.
5. Fungsi Memengaruhi
Fungsi ini memiliki peranan yang penting karena dapat memengaruhi bagi kehidupan masyarakat. Fungsi ini dapat ditemukan pada bagian iklan/promosi. Adanya iklan membuat seseorang dapat dipengaruhi untuk membeli sebuah produk maupun jasa.
Pengaruh terhadap Masyarakat
Secara tidak sadar masyarakat terpengaruh oleh media massa contohnya media membujuk untuk menggunakan produk tertentu, secara tidak langsung membujuk seseorang untuk menggunakan produk tersebut.
Kaitannya dengan hal tersebut berikut ini adalah beberapa teori kontemporer terkait dengan pengaruh media massa terhadap pandangan masyarakat yang digolongkan menjadi 4 bagian antara lain:
1. Perbedaan Individu
Seseorang dapat membentuk perilaku melalui proses belajar. Adanya perbedaan pola pikir serta motivasi ini berdasarkan pengalaman belajar. Penyebab perbedaan individu ini karena perbedaan lingkungan yang menghasilkan perbedaan pandangan.
2. Hubungan Sosial
Hal ini masyarakat tentunya sering mendapat pesan yang disampaikan melalui media. Banyak masyarakat yang memperoleh kontak dari orang lain yang menerima langsung dari media massa.
3. Norma-norma Budaya
Bahwa pesan informasi yang disampaikan pada media massa ada yang menganggap dapat menimbulkan tafsiran yang berbeda-beda bagi masyarakat sesuai dengan budayanya. Sehingga secara tidak langsung hal ini mempengaruhi sikap individu.
4. Penggolongan Sosial
Pada penggolongan sosial ini didasarkan pada tingkat pendidikan, seks, penghasilan, tempat tinggal atau agama. Hal ini mempunyai sifat tertentu untuk membentuk sikap-sikap yang sama.